3

Apa SEO Itu?

March 31, 2012

Bismillah
Bagi anda yang berkecimpung dalam dunia Internet Marketing (IM), atau mengelola sebuah website biasanya pernah mendengar istilah SEO. Memang cukup familiar namun tidak semua orang telah memahami dasar dari SEO itu sendiri.  Fungsi SEO dalam pengelolaan sebuah website merupakan sesuatu yang bisa dibilang sangat penting untuk kemajuan situs anda.



SEO merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimization atau dalam bahasa Indonesia kurang lebih diartikan sebagai Optimasi Mesin Pencari.  Secara singkat SEO adalah sebuah proses meningkatkan visibilitas sebuah website dalam mesin pencari secara natural tanpa membayar untuk hasil pencarian.  Pengunjung yang datang berasal dari mesin pencari disebut sebagai pengunjung organik.

Webmaster dan penyedia konten mulai mengoptimalkan situs untuk mesin pencari di pertengahan 1990-an, sebagai mesin pencari pertama katalogisasi Web awal. Pada awalnya, semua webmaster hanya perlu menyerahkan alamat halaman, atau URL, ke berbagai mesin yang akan mengirim “spider” untuk “crawl” halaman tersebut. Kemudian perlahan meta tags ikut menjadi pertimbangan, termasuk beberapa atribut HTML, hingga kepadatan keyword pada suatu halaman.

Aturan untuk SEO yang baik selalu berubah seiring dengan perubahan pada alogaritma mesin pencari, dan setiap mesin pencari mempunyai alogaritma yang berbeda.  Namun sebagian besar orang memakai Google sebagai acuan untuk SEO yang baik. Berikut ini beberapa poin penting dalam SEO, yaitu :

Gunakan meta description dalam website anda
Gunakan typografi H1, H2, H3, H4, H5, H6 dengan baik
Usahakan URL anda mengandung keyword
Taruh keyword pada isi artikel terutama paragraf pertama
Perbanyak backlink terhadap website anda
Bagaimanakah SEO dikatakan berhasil? Berhasil bagi tiap webmaster tentu saja berbeda, ada yang mengasumsikannya dengan tingkat sales product yang dicapai, jumlah visitor yang dicapai, dan lain-lainnya. Namun secara garis besar apabila seseorang mengetikkan keyword sesuai keyword dari website anda, dan website anda menempati peringkat teratas dari hasil pencarian, maka dapat dikatakan proses SEO anda telah berhasil.  Sekarang pertanyaannya, apakah keyword utama dari website anda? Apakah ketika anda mengetiknya pada search engine, website anda menempati posisi teratas? Jika ya, selamat anda berhasil. Jika belum, silahkan berusaha lebih keras .
 Yups sekian dari saya, tunggu posting tentang SEO berikutnya
source

Labels:

3 Komentar:

Anonymous penyebab kanker said on July 5, 2012 at 7:25 PM 

makasih gan buat info-infonya...

Anonymous Kista said on July 5, 2012 at 7:41 PM 

Oh itu pengertian seonya makasih banget nih informasinya...

Anonymous Bri4Nz said on March 17, 2014 at 6:40 PM 

mkasih broo

Post a Comment

© 2012 - Koderator | Desain Oleh kimzigr| Classic Themplate Html5 & Css3 | Mesin Blogger